Profil

Rabu, 10 Agustus 2011

Cegah Penuaan Dini Dan Lelah Dengan Bayam

http://4.bp.blogspot.com/_Ykledx4nd1I/Sxji0e-AvYI/AAAAAAAAAiQ/3d3Zi3mDk4U/s320/sayur+bayam.JPG
SuaraMedia.com - Mungkin Anda sering merasa lelah ataupun mengantuk sehabis makan. Hati-hati, siapa tahu Anda kekurangan zat besi. Pilih kembali makanan Anda agar bisa memberikan energi cukup untuk Anda beraktivitas. Makanan yang masuk ke dalam tubuh, tidak hanya sebagai penghilang rasa lapar saja. Tapi juga penyuplai nutrisi yang penting untuk kelangsungan aktivitas Anda seharian. Asupan nutrisi yang salah bisa-bisa malah membuat Anda justru merasa lelah bahkan stres dengan berbagai macam aktivitas.
Untuk bisa melawan semua rasa lelah, Anda harus menyisipkan sayuran bayam di setiap menu makan Anda. Mengapa bayam? Kandungan zat besi, magnesium, dan potasium pada bayam cukup tinggi. Sehingga dapat membantu mengembalikan energi tubuh. Selain itu juga, bayam merupakan sumber vitamin B yang baik loh!

Magnesium merupakan salah satu mineral penting untuk mendongkrak produksi energi. Selain itu juga, magnesium cukup berperan penting dalam proses pencernaan. Kekurangan magnesium membuat tubuh dan otak kita lambat bekerja. Menurunnya energi yang mengakibatkan Anda merasa lelah dan tidak bersemangat.
Kekurangan magnesium juga mengganggu kualitas tidur Anda atau mudah terserang insomnia dan kehilangan nafsu makan. Selain magnesium, tubuh juga memerlukan zat besi. Kalau kebutuhan zat besi tidak terpenuhi dengan baik akibatnya juga cukup fatal. Diantaranya adalah anemia, sulit berkonsentrasi, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

Seperti halnya magnesium, potasium berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Tubuh yang lelah karena banyaknya aktivitas menyebabkan Anda kekurangan potasium. Agar tidak mengalami kekurangan energi dalam menjalankan aktivitas harian Anda, sebaiknya konsumsi beberapa jenis nutrisi yang telah disebutkan tadi.


Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi bayam. Karena bayam memiliki sebagian besar dari nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Ada baiknya konsumsi bayam di salah satu menu makan Anda baik di pagi, siang, maupun malam hari. Sebaiknya olah bayam secukupnya untuk sekali santap agar tetap segar dan terjaga kandungan zat besinya. Sebaiknya hindari mengkonsumsi bayam yang sudah dipanaskan atau dimasak terlalu lama. Karena kandungan mineralnya sudah berkurang atau hilang.
Jenis sayuran ini tak cuma sedap dimasak. Bila diolah secara sehat dan dikonsumsi teratur, beberapa penyakit dapat dicegah. Bahkan diobati.
Nyaris tak ada orang yang tak mengenal bayam. Bahan makanan ini termasuk populer dalam jajaran sayur-mayur. Makanan lezat yang bisa didapat dari olahan bayam adalah sayur bening, gado-gado, pecel, dan sebagainya.
Namun, “prestasi” mereka sebenarnya tak cuma sampai di situ. bayam Amaranthus sp. masih bisa unjuk gigi untuk urusan lain. Sebagai tumbuhan yang mampu melawan penyakit, umpamanya. Dalam soal terakhir ini, bayam punya banyak kemampuan.
JENIS BAYAM
Di Tanah Air kita, dikenal ada beberapa jenis bayam. Umpamanya, Amaranthus craentus, A. hypocondricus, A. Caudatus, dan bayam duri Amaranthus spinosus. Bayam duri Amaranthus spinosus mengandung amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, vitamin A, vitamin C, dan K.
KANDUNGAN KIMIA
Selain zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin, di dalam sayuran hijau ini juga terkandung zat gizi mikro seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Bahkan, kandungan zat besinya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayur jenis lain. Yang juga menarik dari bayam yaitu kandungan asam oksalatnya. Bila senyawa yang sering menyebabkan gangguan persendian ini dikombinasikan dengan kalsium, akan terbentuk senyawa yang tidak diserap tubuh. Artinya, bayam bisa menyembuhkan bila dikonsumsi dengan bahan makanan sumber kalsium.
KHASIAT BAYAM
1.   Bayam selain bermanfaat sebagai sayur juga berkhasiat obat.
2.   Mampu memperbaiki sistem pencernaan.
3.   Menurunkan resiko terserang kanker.
4.   Mengurangi kolesterol (masih sebatas pada hewan), dan bersifat antidiabetes. Cara kerjanya dalam menurunkan kolesterol pada hewan adalah dengan mengonversi kolesterol dalam tubuh menjadi koprostanol yang kemudian dibuang ke luar tubuh. Sedangkan yang membuatnya berkhasiat antidiabetes adalah kandungan mangannya (Mn).
5.   Untuk mengobati asma, bisa memakai bayam duri Amaranthus spinosus. Caranya yaitu dengan memotong lima batang bayam duri muda, termasuk daun dan kembangnya. Rebus potongan itu dengan menggunakan lima gelas air selama 7 - 10 menit. Air hasil rebusan tadi diminum tiga kali sehari. Untuk anak-anak cukup diminum setengah gelas, sedangkan untuk orang dewasa satu gelas, dan bayi dua sendok makan saja.
6.   Untuk mengobati eksim pada kulit, juga memakai bayam duri Amaranthus spinosus. Caranya yaitu dengan mengompres atau membalut bagian yang menderita eksim. Pengompresan menggunakan kain yang telah direndam dalam air panas hasil rebusan bayam. Pengompresan dilakukan selama 20 - 30 menit, cukup satu kali dalam satu hari.
7.   Air sari bayam segar yang dicampur madu berkhasiat pula untuk pengobatan bronkhitis, anemia, dan demam.
8.   Bila bayam muda dimasak dan airnya dicampur madu, ramuan itu bisa menyembuhkan keputihan pada wanita, gangguan lever, dan gangguan saluran pencernaan macam sembelit dan tukak lambung.
9.   Untuk keperluan kecantikan, bayam pun bisa dimanfaatkan. Misalnya untuk perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut.
10. Untuk perawatan kulit wajah, caranya hanya dengan mengoleskan campuran sari air bayam dan kunyit di wajah. Dengan perawatan macam ini akan dihasilkan kulit wajah bercahaya, mencegah jerawat dan kekeringan, serta mencegah penuaan terlalu cepat pada kulit wajah.
11. Atau, dapat pula dengan cara membuat jus bayam. Dengan menggunakan kapas, gosokkan jus bayam ke wajah dengan gerakan berputar di sekitar sudut-sudut mata, dahi, sudut-sudut bibir, dan dagu. Lakukan perawatan ini selama lima menit ketika bangun pagi dan malam hari menjelang tidur. Bila dipandang perlu, bisa dilakukan pembilasan dengan air dingin. Dalam John Heinerman’s Encyclopedia of Healing Juice disebutkan, jus bayam membantu mengencangkan dan menghilangkan keriput wajah sekitar 40 - 60%.
12. Untuk perawatan kulit kepala dan rambut, caranya dengan mengoleskan sari air bayam secara merata pada kulit kepala dan rambut dengan teratur. Hasil yang akan diperoleh adalah rambut yang tumbuh sehat. (fn/dt/kk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar